Webinar Ilmu Komunikasi 2020 beratajuk “How Media and Communication Industry After Pandemic”

Yogyakarta, 21 November 2020. Divisi Penelitian dan Pengembangan (LITBANG) Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta telah melaksanakan Seminar Nasional tahun 2020. Tema yang diangkat pada tahun ini yaitu “How Media and Communication Industry After Pandemic”.

Tinjauan dari tema ini dilihat dari persepktif Public Relation, Jurnalistik, dan Film dengan menghadirkan pembicara-pembicara hebat yang profesional di masing-masing bidang. Pembicara di bidang Public Relation adalah Agung Laksamana, M.Sc. yang merupakan Ketua Perhumas Indonesia. Pembicara kedua adalah Paulus Tri Agung Kristanto yang berkecimpung di dunia jurnalistik dan saat ini menjabat sebagai Wakil Pimpinan Redaksi Kompas. Kemudian pembicara di bidang Film adalah seorang sutradara film yaitu Ismail Basbeth. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui perubahan dan memberikan gambaran bagaimana industri media dan komunikasi berjalan setelah pandemi sehingga para peserta dapat mempersiapkan kemampuan dan strategi baru untuk menghadapi masa yang akan datang sebagai orang-orang yang akan terjun di dalam industri media dan komunikasi.


Sebanyak 480 peserta mengikuti kegiatan Seminar Nasional ini. Jumlah peserta tersebut melampaui target yang telah disiapkan oleh panitia yaitu sebanyak 350 peserta. Seminar tahun ini tentu berbeda dari tahun sebelumnya, dimana tahun ini dilaksanakan secara online sehingga tahun ini disebut sebagai Webinar Nasional. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara online tidak menghalangi panitia untuk mengemas acara Webinar ini agar tetap menarik dengan tujuan untuk memberikan ilmu yang bermanfaat kepada para peserta. Pelaksanaan Webinar Nasional ini dilakukan secara live streaming mulai dari jam 13.00 sampai 16.00 WIB di Laboratorium Ilmu Komunikasi UNY. Kegiatan ini dihadiri juga oleh dosen prodi Ilmu Komunikasi UNY, mahasiswa aktif yang berasal dari berbagai Univeritas di Indonesia, dan umum.

 

Peserta mengakses acara ini melalui media Zoom yang sudah disiapkan oleh panitia. Acara ini dibuka oleh Syarifah Nur Aini selaku MC pada kegiatan Webinar Nasional ini. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dan Tanya jawab bersama ketiga pembicara yang dimoderatori oleh Aji Prasetya. Ketiga pembicara memaparkan mengenai bagaimana industri media dan komunikasi sebelum adanya pandemi dan setelah adanya pandemi. Selanjutnya para pembicara menjelaskan bagaimana orang-orang yang terjun ke dalam industri tersebut harus melakukan adaptasi untuk dapat bertahan dalam menghadapi perubahan yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *