KKN ILMU KOMUNIKASI: SIAP MENGABDI, SIAP MELITERASI!

(19/11) Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY (HIMAKOM UNY) telah melaksanakan kegiatan kelas “Sharing KKN” yang diprakarsai oleh Divisi Advokasi dan Pelayanan Publik. Acara ini diselenggarakan di ruang kuliah 21 dan ditujukan kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY, khususnya angkatan 2016.

 Pada pukul 16.00 WIB acara tersebut dimulai dengan pembukaan, sharing atau berbagi cerita tentang pengalaman Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dibersamai oleh perwakilan Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2015 sejumlah 8 orang dan diakhiri dengan pendaftaran KKN bersama-sama. Kegiatan ini diselenggarakan atas dasar minimnya informasi dan pengetahuan mahasiswa Ilmu Komunikasi terhadap kegiatan KKN yang merupakan program rutin Universitas Negeri Yogyakarta, dan rangkaian pelaksanaannya. Kiranya ada sekitar 40 mahasiswa Ilmu Komunikasi 2016 turut berhadir dalam acara tersebut.

Angkatan terdahulu yang sudah melakukan KKN adalah Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2015.Dengan begitu, hadirnya mahasiswa angkatan 2015 ini sangat berguna dan menolong bagi angkatan 2016 yang tidak memiliki gambaran terhadap KKN. Lokasi KKN yang mereka tempati berbeda-beda, ada yang di Purworejo, Wonogiri, Temanggung, Magelang, dan Blora. Oleh karena itu, ada berbagai hal menarik dari cerita masing-masing individu tersebut. Diantaranya yang menarik tersebut, ada beberapa point yang sama halnya terjadi disetiap kelopok KKN, yaitu program kerja dan matrik kelompok yang ada di kelompoknya. Ada 4program kerja yang akan dilaksanakan dalam KKN nantinya yaitu program individu (30%), program kelompok (70%), program penunjang, dan program kerja tambahan.

Selain itu, kondisi internal kelompok yang dibangun harus menciptakan suasana yang harmonis. Karena akan berkomunikasi dan silaturahmi dengan warga setempat, sebagai mahasiswa KKN sudah sepatutnya kita berperilaku sopan santun dan tetap srawung agar pelaksanaan KKN kita berjalan dengan lancar. Segala hal yang kita persiapkan untuk KKN hingga selesai nantinya akan terus dimonitor oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Kendala yang akan terjadi di lapangan akan dimusyawarahkan oleh kelompok yang bersangkutan dengan pertimbangan dari DPL.

Dalam prosedur pelaksanaannya nanti akan ada banyak rangkaian yang harus dilewati oleh seluruh mahasiswa angkatan 2016. Dimulai dari pendaftaran, pengumuman kelompok dan lokasi KKN, survey lokasi KKN hingga beberapa kali untuk mengetahui kondisi dilapangan dan hal yang dibutuhkan oleh warga setempat, hingga penyusunan matriks program kerja dan pelaksanaan dilapangan. Oleh karena itu, dengan diadakannya kelas Sharing KKN ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan informasi kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2016. Dimanapun nanti lokasi KKN yang akan dijalankan, semoga ilmu yang didapat selama kurang lebih tiga tahun belajar di Ilmu Komunikasi dapat di terapkan dan dibagikan kepada masyarakat.

Semangat mengabdi, semangat meliterasi!

 

Penulis: Mustofi .H

Editor: Satiya Paradita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *