Ilmu Komunikasi Raih Tiga Perak dan Satu Perunggu di Ajang FIS CUP 2018

Ilmu Komunikasi Raih Tiga Perak dan Satu Perunggu di Ajang FIS CUP 2018

Sabtu (05/01), Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menerima penghargaan dalam ajang olah raga tahunan Fakultas Ilmu Sosial CUP (FIS CUP) yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FIS UNY. Penyerahan penghargaan tersebut berlangsung pada sore hari di Lapangan Sepak Bola Klebengan, Sleman, Yogyakarta. Acara tersebut berlangsung untuk memberikan penghargaan sekaligus menutup FIS CUP 2018 yang telah terselenggara selama Desember 2018 lalu. Tercatat sebanyak tiga perak dan satu perunggu telah berhasil dikantongi oleh Ilmu Komunikasi di ajang FIS CUP tahun 2018.

Alhamdulillah. Pemain pemain di FIS CUP cukup sportif. Ada sih sedikit perseteruan di lapangan tapi menurut saya itu wajar saja. Terkait pelaksanaan, alhamdulillah berjalan dengan lancar”, ujar Ketua FIS CUP 2018, Prabowo, saat dimintai pendapat terkait pelaksanaan FIS CUP 2018.

Pada tahun ini, FIS CUP 2018 membuka tiga cabang olah raga yang dipertandingkan, yaitu basket, sepak bola, dan bulutangkis yang terdiri dari ganda putra dan ganda campuran. Pertandingan masing-masing cabang olah raga pun digelar di arena yang berbeda yakni Planet Futsal untuk cabang basket, Lapangan Sepak Bola Klebengan untuk cabang sepak bola, dan Hall Bulutangkis UNY untuk cabang bulutangkis. Pertandingan diadakan mulai Minggu, 2 Desember 2018 dan ditutup pada Sabtu, 5 Januari 2019.

Ilmu Komunikasi melalui divisi Minat dan Bakat (MIBA) Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) UNY telah mengirimkan delegasi di masing-masing cabang olah raga FIS CUP 2018. Tiap cabang olah raga tersebut dipegang oleh penanggung jawab dari divisi untuk mempersiapkan pertandingan. Selama kurang lebih satu bulan sebelum FIS CUP, persiapan telah dilaksanakan dengan latihan rutin dan seleksi pemain.

Pada cabang olah raga basket, Ilmu Komunikasi mengirimkan satu tim melalui seleksi pemain yang tergabung dalam Basket Ilkom (Baskom) dengan komposisi pemain empat putra dan satu putri. Tim Baskom berhasil sampai pada babak final dengan meraih Juara 2 menyusul Juara Pertama dari Administrasi Negara. Prestasi ini menjadi sejarah untuk tim basket Ilmu Komunikasi.

Sementara itu, pemain cabang bulutangkis diisi oleh Bonavhisna Pandita (2018) dan Amin Muharam (2018) pada ganda putra, Cendy Dwilian (2018) dan Zuliana Widyastuti(2018) pada ganda campuran. Kedua pasangan kembali mengantongi dua perak sebagai Juara 2 Ganda Putra dan Juara 2 Ganda Campuran setelah melewati dua hari pertandingan.

Prestasi kembali ditorehkan melalui cabang olah raga sepak bola. Tim sepak bola Communication Football Club (CFC) berhasil menduduki peringkat ke-3 setelah sebelumnya melawan tim kesebelasan dari jurusan-jurusan lain.

Abidatu Lintang selaku Penanggung Jawab Bulutangkis di divisi MIBA HIMAKOM UNY memberikan tanggapannya terhadap pelaksanaan FIS CUP tahun ini, sebenarnya aku ga nyangka Ilkom bakal bisa meraih prestasi di setiap cabornya, mengingat tahun-tahun sebelumnya belum ada (setahuku). Apalagi pelaksanaan FIS CUP yang agak terhambat, hampir saja kita ga berpartisipasi. Tapi dengan persiapan yang sedemikian rupa, predikat yang didapat di setiap cabornya sudah jadi pencapaian yang luar biasa. Semoga lebih baik tahun depan.

“Emang FIS CUP itu kompetisi. Tapi tujuan utama kita adalah untuk mengapresiasi kemampuan teman-teman dalam olahraga dan juga srawung dengan teman-teman di luar Ilkom”, ujarnya menambahkan.

Prestasi yang berhasil diraih Ilmu Komunikasi dalam ajang FIS CUP 2018 menjadi kado awal tahun 2019. Selamat kepada para atlet yang telah bertanding dengan maksimal. Ilmu Komunikasi bersatu dalam prestasi! (Ayw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *