Gerakan Literasi Media Himakom FIS UNY untuk Kabupaten Bantul

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY angkatan 2017 telah melaksanakan pembukaan Gerakan Literasi Media di Pendopo Parasamya, Bantul pada hari Senin, 29 April 2019. Acara tersebut dibuka oleh Drs. Eddy Susanto sebagai perwakilan Bupati Bantul.

Bantul, 29 April 2019- Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (Himakom FIS UNY) telah melaksanakan pembukaan Gerakan Literasi Media di Pendopo Parasamya Pemerintah Kabupaten Bantul. Acara pembukaan Gerakan Literasi Media ini dihadiri oleh 99 mahasiswa Ilmu Komunikasi, empat perwakilan komunitas Bantul Bergerak, dua perwakilan organisasi Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI) cabang Yogyakarta, Dyna Herlina Suwarto, M. Sc, selaku dosen pengampu mata kuliah Literasi Media, Ir. Fenty yusdayanti, M. T., selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, serta Drs Eddy Susanto, selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bantul.
​Pembukaan Gerakan Literasi Media diawali dengan laporan Ketua Pelaksana Literasi Media, Annisa Putri dilanjutkan serangkaian sambutan dari Dyna Herlina Suwarto, M. Sc, Ir. Fenty yusdayanti, M. T., serta Drs. Eddy Susanto. Peresmian pembukaan acara Gerakan Literasi Media tahun 2019 ini dibuka oleh Drs Eddy Susanto sebagai perwakilan Bupati Bantul dengan pemotongan pita. Pemotongan pita ini merupakan simbol bahwa Mahasiswa Ilmu Komunikasi FIS UNY telah siap untuk meliterasi masyarakat Kabupaten Bantul dari 29 April 2019 hingga 4 Mei 2019.
Dalam acara Gerakan Literasi Media ini akan terjun 14 kelompok Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang akan meliterasi Kabupaten Bantul. Setiap kelompok akan memberikan Literasi Media yang membawa tujuh tema besar meliputi media cetak, media penyiaran, media digital, berita informasi & hiburan, gender & multicultural, politik & kewargaan, serta pornografi & kekerasan. Pengetahuan mengenai Literasi Media akan disampaikan melalui workshop yang diadakan sesuai target khalayak tiap kelompok.

Kelompok Literasi Media akan menyebar ke berbagai sekolah meliputi SMA 2 Banguntapan, SMA 1 Sewon, SMA 1 Jetis, SMA 2 Bantul, SMA 1 Pleret, MAN 3 Bantul, SMP 2 Bambanglipuro, SMP 2 Banguntapan, serta SD Bantul Timur. Selain menyebar ke sekolah yang ada di Bantul. Selain itu Gerakan Literasi Media yang bekerja sama dengan IMIKI dan Bantul Bergerak akan meliterasi komunitas FONABA (Forum Anak Bantul) yang beranggotakan siswa SMP dan SMA di Kabupaten Bantul.
Gerakan Literasi Media yang dilaksanakan Himakom UNY merupakan program kerja yang telah dua kali terlaksana. Dari program kerja Literasi Media ini diharapkan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FIS UNY mampu memberikan pengetahuan mengenai pentingnya Literasi Media. Masyarakat diharapkan pula mampu menerapkan pengetahuan Literasi Media dalam kehidupan sehari-hari.
Literasi Media pada tahun 2019 ini yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Imu Komunikasi FIS UNY angkatan 2017 akan menyebar melalui beberapa kelompok ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bantul. Program kerja Literasi Media yang dilaksanakan Himakom FIS UNY bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat Bantul tentang pentingnya memilah konten dalam menggunakan media, serta mengenalkan kepada masyarakat Bantul pentingnya pengetahuan bermedia.
Pemerintah Kabupaten Bantul memberikan apresiasi terhadap Gerakan Literasi Media yang dilakukan Himakom FIS UNY. “Kegiatan Literasi Media ini menginspirasi kami untuk anak-anak KKN lebih menyasar kepada masyarakat. Penggunaan komunikasi yang baik akan memicu anak-anak untuk menerapkan literasi media sehingga akan bermanfaat pula bagi orang lain,” ucap Ir. Fenty yusdayanti, M. T., Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi.

Dinda Agita Dewi
Himakom FIS UNY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *