HASIL AKHIR PEMILWA ILMU KOMUNIKASI

Pemwilwa yang diadakan oleh KPU UNY pada tanggal 17 Desember 2018. Pemilwa bagi warga FIS UNY bertempat di dua lokasi, yaitu Laboratorium Geospasial dan FISNET untuk mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial. Pemilwa berjalan lancar tanpa ada hambatan apapun.

Yogyakarta, 21 Desember 2019- KPU UNY telah sukses mengadakan Pemilwa untuk seluruh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Begitu pula yang terjadi di FIS UNY di mana KPU FIS UNY mengadakan Pemilwa di dua lokasi, yaitu Laboratorium Geospasial untuk mahasiswa Ilmu Komunikasi, Pendidikan IPS, Pendidika Geografi, dan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum. Sedangkan di FISNET diselenggarakan untuk mahasiswa Pendidikan Sejarah, Ilmu Sejarah, Ilmu Administrasi Publik, dan Pendidikan Sosiologi. Pemilwa dilaksanakan pada hari Rabu, 17 Desember dimulai pukul 08.00 sampai pukul 17.00.
“Sistem pemilwa tahun ini cukup berbeda dengan sebelumnya. Nampak lebih efektif dalam hal waktu namun perlu dievaluasi lebih lanjut untuk dashbord maupun tampilan lainnya beserta keamanan datanya. Sebagai mahasiswa ilkom tentunya sangat membantu karena terkesan lebih komunikatif. Tapi, masih perlu dipertimbangkan bagaimana menarik atensi mahasiswa untuk berpartisipasi.” ujar Kristina sebagi peserta Pemilwa 2019.

Untuk mahasiswa Ilmu Komunikasi sendiri, mengajukan empat calon ‘Hokage’ atau calon Ketua Himpunan, yaitu dengan urutan sebagai berikut:
1. Juan Tirta Abditama dengan perolehan suara sebanyak 31 suara.
2. Diovani Sulhan Zulkarnain dengan perolehan suara sebanyak 64 suara.
3. M. Ibnu Panji Pratama dengan perolehan suara sebanyak 16 suara.
4. Tara Belinda dengan perolehan suara sebanyak 9 suara.

Dengan perolehan suara seperti di atas, dapat ditarik hasil akhir bahwa perolehan suara untuk Ketua Himpunan Ilmu Komunikasi diraih oleh nomor urut dua, yaitu Diovani Sulhan Zulkarnain.
“Walaupun Pemilwa kemarin berjalan cukup lancar dan baik, masih disayangkan dari temen-temen yang tidak datang ke TPS untuk menggunakan hak suaranya. Siapapun yang telah terpilih untuk mengemban amanah sebagai ketua, tetap dukung terus untuk periode yg lebih baik. Tegur jika dirasa salah, dukung jika itu baik” kata calon terpilih, Diovani Sulhan.

Diovani sendiri memiliki visi dan misi untuk Ilmu Komunikasi yaitu sebagai berikut:
Visi: Menjadikan Himakom 2020 yang bermanfaat, berintregitas, dan berprestasi. Himakom yang mampu mengoptimalkan kapabilitas pengurus maupun anggota dalam kinerjanya dan tetap menggunakan asas kekeluargaan.
Misi:
1. Melakukan riset proker dari periode sebelumnya dan mencari solusi untuk bisa diterapkan pada Himakom periode 2020.
2. Mencari data apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi.
3. Menumbubkan budaya dan iklim organisasi yang solid dan tidak toxic.
4. Menjalankan proker yang bermanfaat sesuai dengan aspirasi warga Ilmu Komunikasi.
5. Mengoptimalkan penyaluran minat dan bakat secara terbuka untuk berprestasi.
6. Mengapresiasi prestasi warga Ilmu Komunikasi UNY di segala bidang.
Semoga calon terpilih dapat menjalankan amanahnya. Namun, dalam organisasi tidak hanya Ketua Himpunan yang dapat menjalankan semua visi misinya. Apalah arti Ketua Himpunan tanpa ada dukungan dari warga Ilmu Komunikasi itu sendiri. Mari membangun Himakom 2020 menjadi lebih baik dari dukungan warga Ilmu Komunikasi segala angkatan. Salam Komunikasi!

Penulis : Ratna S

Editor : Rosa Astia N

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *