Introducing Communication 2020 bertajuk “Creativity Build Strong Immunity”

 

Yogyakarta, 12 Desember 2020 Himakom, melalui Divisi Minat dan Bakat telah selesai menyelenggarakan Introducing Comunication. Pelaksanaan Introcom bertujuan untuk memperkenalkan Ilmu Komunikasi UNY kepada mahasiswa baru dalam bidang seni. Divisi Minat dan Bakat (MIBA) akan menyambut mahasiswa baru Ilmu Komunikasi dengan menampilkan hasil karya seni dari mahasiswa Ilmu IKomunikasi UNY.

Pada tahun ini, Introcom 2020 mengambil sebuah konsep yang berbeda dari tahun tahun yang sebelumnya. Dikarenakan adanya pandemi, maka Introcom pada tahun ini dilaksanakan secara daring/online dengan konsep live streaming. Hal itu bertujuan untuk menekan angka bertambahnya jumlah kasus positif corona. Disamping itu juga sebagai wadah mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk tetap berkarya di tengah pandemi. Terdapat total 150 peserta yang terdiri dari panitia, mahasiswa baru Angkatan 2020 dan para alumni ikut berpartisipasi dalam acara ini.
Rangkaian Acara Introcom mulai dilaksanakan pada tanggal 5 desember dengan segment bernama “Interactive Class” Acara tersebut dilaksanakan via Zoom dengan fokus peserta yaitu mahasiswa baru Angkatan 2020. Acara tersebut berjalan dengan lancer sesuai yang diharapkan denga isi acara yaitu sharing dalam bidang fotografi,videografi,public speaking,poster,dan jurnalistik dimana para mentor dalam bidang – bidang tersebut merupakan alumni dari Ilmu Komunikasi UNY. Class tersebut dilkasanakan pada pukul 09.00 WIB sampai 10.20 WIB di Laboratorium Ilmu Komunikasi UNY. Tanggal 12 desember merupakan puncak dari rangkaian acara Introcom 2020. Persiapan oleh panitia dilakukan sejak pukul 08.00 pagi. Acara ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, seluruh panitia maupun pengisi acara diwajibkan untuk menggunakan masker dan selalu jaga jarak. Dengan tema creativity build strong immunity, maka kami berusaha menampilkan beberapa kreativitas diantaranya menari, menyanyi dan bermain musik. Selain dalam bidang non akademin, di Introcom tahun ini kami juga menampung segala bentuk karya dalam bidang keilmukomunikasian melalui pameran yang diadakan secara online.

Pameran ini dilakukan melalui platform Instagram yang bernama @introcomuny, karya dari pameran tersebut juga ditayangkan saat jeda segmen. Karya dikirimkan oleh warga Ilmu Komunikasi mulai dari angkatan 2017 hingga angkatan 2020. Acara dimulai dengan ditayangkannya video opening dan sambutan oleh para dosen Ilmu Komunikasi UNY, Ketua Himakom UNY serta Ketua Introcom 2020. Dilanjutkan dengan penampilan band dari Angkatan 2018, 2019 dan 2020, selain penampilan band terdapat juga penampilan dari Komunikasi Menari. Output dari Interactive Class dihadirkan dalam bentuk Sharing Session dengan para mentor tentang kegiatan pada saat Interactive Class serta kesan dan pesannya. Diakhir acara dilakukan sesi foto bersama dengan para maba sebagai bentuk interaksi dari panitia kepada peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *