Media

Pengumuman Pendaftaran Dan Pelaksanaan KKN Tahun Akademik 2020/2021

1. PENDAFTARAN KKN mulai tanggal 18 sd 29 Januari 2021

2 SYARAT PENDAFTARAN KKN:
a. Mahasiswa program strata satu (S1) dan terdaftar pada semester KKN diselenggarakan, dan sedang lidak kehilangan hak sebagai mahasiswa UNY.
b. Telah menempuh minimal 130 sks untuk KKN Semester Genap (Maret – Mei 2021); telah menempuh minimal 100 sks untuk KKN Periode Jul- Desember 2021.
C. Bagi mahasiswa yang mengambil cuti kuliah pada saat masa pendaftaran online, harus mendaftarkan diri secara manual ke LPPM
d. Mahasiswa Program Kelanjutan Studi (PKS) dan extension, persyaratan secara detail diaturtersendiri.
e. Tidak perlu mencantumkan mata kuliah KKN di KRS online

3. PERIODE KKN DAN PELAKSANAAN
KKN UNY Tahun 2021 diselenggarakan dua (2) periode KKN, yaitu KKN SEMESTER GENAP (MARET – MEI 2021) dan
KKN PERIODE JULI- DESEMBER 2021

4. KKN SEMESTER GENAP (MARET – MEI)
Pembekalan dan pelaksanaan KKN akan dilaksanakan pada bulan Februari s.d Mei 2021 b. KKN PERIODE JULI – DESEMBER
Pembekalan dan pelaksanaan KKN akan dilaksanakan pada bulan Juni s.d Desember 2021 C. LOKASI KKN pada masa Pandemi Covid-19 di domisili masing-masing.

4. TATA CARA PENDAFTARAN KKN

a. Mahasiswa mendaftar secara online melalui laman sikkn.ippm.uny.ac.id
b. Mahasiswa memilih periode KKN yang akan dikuti, berdasarkan periode KKN yang diselenggarakan oleh LPPM.
c. Mengisi biodata pada laman pendaftaran KKN.
d. Mencetak dan menyimpan biodata pendaftara KKN sebagai arsip pribadi dan bukti pendaftaran
e. Mahasiswa yang tidak terdaftar dalam sistem informasi KKN mohon menghubungi Admin LPPM UNY, melalui Email lppm@uny.ac.id

Lampiran :

Mengadakan agenda suplemen di kala pandemi untuk pengurus Himakom ? Bisakah?

Tahun 2020 menjadi tahun yang dilanda dengan pandemi virus corona (covid 19). Situasi ini menjadi suatu momok yang tidak pernah disangka-sangka sebelumnya. Dengan ini banyak orang yang belum siap untuk menghadapi pandemi yang datang secara tiba-tiba.Pandemi COVID-19 telah mengubah aktivitas manusia secara drastis. Maka dari itu kita dituntut untuk menyesuaikan diri dengan keadaan ini. Beberapa bentuk penyesuaian aktivitas saat pandemi seperti, menjaga jarak, menggunakan masker, menjaga kesehatan, dan sebagainya. Tak hanya itu, seluruh kegiatan juga terpengaruh oleh pandemi ini salah satunya adalah kegiatan akademik.

Continue reading “Mengadakan agenda suplemen di kala pandemi untuk pengurus Himakom ? Bisakah?”

Webinar Ilmu Komunikasi 2020 beratajuk “How Media and Communication Industry After Pandemic”

Yogyakarta, 21 November 2020. Divisi Penelitian dan Pengembangan (LITBANG) Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta telah melaksanakan Seminar Nasional tahun 2020. Tema yang diangkat pada tahun ini yaitu “How Media and Communication Industry After Pandemic”.

Continue reading “Webinar Ilmu Komunikasi 2020 beratajuk “How Media and Communication Industry After Pandemic””

Introducing Communication 2020 bertajuk “Creativity Build Strong Immunity”

 

Yogyakarta, 12 Desember 2020 Himakom, melalui Divisi Minat dan Bakat telah selesai menyelenggarakan Introducing Comunication. Pelaksanaan Introcom bertujuan untuk memperkenalkan Ilmu Komunikasi UNY kepada mahasiswa baru dalam bidang seni. Divisi Minat dan Bakat (MIBA) akan menyambut mahasiswa baru Ilmu Komunikasi dengan menampilkan hasil karya seni dari mahasiswa Ilmu IKomunikasi UNY.

Continue reading “Introducing Communication 2020 bertajuk “Creativity Build Strong Immunity””

Forum Dialog Terbuka (FDT) #2 NEW NORMAL NEW HIMAKOM

Yogyakarta, Forum Dialog Terbuka atau biasa disingkat FDT kembali digelar. Setelah sebelumnya menggunakan Instagram live sebagai media penghubung dengan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY, kali ini FDT diselenggarakan melalui Google Meet.

Dilaksanakan pada Minggu 30 November 2020, FDT kali ini mengangkat judul “New Normal, New Himakom”. FDT ini menghadirkan tamu spesial yaitu Novianto Yudha Laksana S.Pd, M.Pd  selaku Pembina Kemahasiswaan Ilmu Komunikasi UNY dan para Calon Ketua HIMAKOM Periode 2021 yaitu Lilian Ratu Lintang (cakahima nomor urut 1), Bayu Prasetyo (cakahima nomor urut 2), dan Aldi Heru Trinanda (cakahima nomor urut 3).

Continue reading “Forum Dialog Terbuka (FDT) #2 NEW NORMAL NEW HIMAKOM”

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Menghadiri Rakercab IMIKI Yogyakarta

 

Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan rapat kerja cabang pada Sabtu, 5 Desember 2020. Rapat kerja yang diadakan pada pukul 10.00 WIB ini dilakukan dengan 2 cara, yaitu online dan offline. Raker online berjalan melalui Zoom dengan diikuti oleh pengurus IMIKI DIY yang berada diluar Yogyakarta, serta raker offline yang mengambil tempat di Studio Mini Teater Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan diikuti oleh seluruh ketua HMJ ilmu Komunikasi se-Yogyakarta, pengurus IMIKI yang berada di Yogyakarta serta satu delegasi dari masing-masing HMJ Ilmu Komunikasi.

Continue reading “Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Menghadiri Rakercab IMIKI Yogyakarta”

Menelisik Peluang dan Tantangan Jurnalistik Masa Kini Himakom Melalui Divisi Litbang Mengada Focus Group Disscusion

Yogyakarta, 8 November 2020 – Divisi Penelitian dan Pengembangan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi telah melaksanakan Focus Group Discussion#2 (FGD) dengan mengangkat tema “Menelisik Jurnalistik Masa Kini”. Kegiatan FGD ini merupakan kegiatan diskusi eksternal yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis kelompok sasaran FGD dengan menuangkannya dalam sebuah forum diskusi.

 

FGD#2 kali ini dilaksanakan secara virtual dan terbuka untuk umum dengan antusias peserta lebih banyak jika dibandingkan dengan FGD#1 pada bulan Agustus lalu. Peserta FGD#2 ini berasal dari beberapa daerah dan kalangan. Mulai dari siswa sekolah, mahasiswa UNY, hingga mahasiswa luar UNY. Pelaksanaan FGD#2 berdurasi 90 menit melalui platform Google Meet. Dengan isu yang diangkat kali ini lebih dalam mengulik mengenai etika seorang jurnalis. Isu tersebut dipilih mengingat semakin banyaknya berita hoax yang tersebar di era pandemi. Pemantik dalam diskusi ini ialah Gilang Jiwana Adikara, M. A. selaku dosen Ilmu Komunikasi UNY, di mana sebelum menjadi dosen beliau berprofesi sebagai jurnalis.

Continue reading “Menelisik Peluang dan Tantangan Jurnalistik Masa Kini Himakom Melalui Divisi Litbang Mengada Focus Group Disscusion”