Media

Himakom UNY Gelar Seminar Nasional Bertajuk”Refleksi Yotuber Indonesia: Antara Pujian dan Cacian”

 

 

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarya telah sukses menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Refleksi Youtuber Indonesia: Antara Pujian dan Cacian” pada hari Sabtu, 16 November 2019. Acara tersebut diselenggarakan di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY dan dihadiri oleh kurang lebih 229 peserta.

Yogyakarta, 16 November 2019- Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta telah sukses menyelemggarakan Seminar Nasional dengan tema “Refleksi Youtuber Indonesia: Antara Pujian dan Cacian” di Ruang Sidang Utama Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta. Seminar ini diawali dengan laporan dari Puput Febrianti selaku ketua pelaksana. Seminar dibuka oleh Dr. Suhadi Purwantara, M.Si, selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta.

Seminar Nasional Ilmu Komunikasi 2019 dimeriahkan oleh penampilan Kondang (Komunikasi Berdendang) dan Komen (Komunikasi Menari) yang personilnya merupakan mahasiswa Ilmu Komunikask itu sendiri dan dihadiri oleh 229 peserta seminar, mulai dari mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY hingga kalangan umum. Dalam kesempatan ini, panitia menghadirkan tiga pembicara: Rahmat Sutopo, SE selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika DIY, Didik Arwinsyah selaku Internet Marketer, serta Arie Je-Froyonion selaku Content Creator.

Rahmat Sutopo, SE mengajak para peserta untuk memperdalam pemahaman akan kehadiran Diskominfo DIY dalam aktivitas mereka di dunia maya. Tidak lupa pula Bapak Rahmat Sutopo, SE memberikan tips agar menjadi warga negara yang #bijakbermediasosial.

“Diskominfo DIY berperan dalam mengedukasi netizen serta youtuber (masyarakat Yogyakarta) untuk memproduksi konten yang positif. Terdapat pula pasukan cyber dari Diskominfo,” ungkap Rahmat Sutopo, SE.

Tetap dalam pembahasan mengenai konten youtube, Didik Arwinsyah menekankan bahwa kita sebagai masyarakat memiliki dua pilihan dalam mengakses youtube.

“Jika tidak menjadi pemeran maka jadilah penonton,” jelas Didik Arwinsyah.

Menilik perkembangan youtube yang sangat pesat, tentunya Didik Arwinsyah selaku internet marketer tidak akan menyia-nyiakan peluang. Tentunya berbisnis di youtube, Didik Arwinsyah memaparkan beberapa tips untuk hal tersebut. Mulai dari tahap produksi hingga pemasarannya.

Tidak afdol rasanya jika kita membicarakan konten, namun tidak tahu-menahu cara membuat konten. Dalam pemaparannya Arie Je-Froyonion memberikan bekal kepada para peserta tentang bagaimana cara memahami medan konten, tujuan pesan, hingga target pasar suatu konten. Akan tetapi jangan lupa untuk tetap bertanggung jawab dalam membuat konten.

“Pencitraan boleh, penipuan jangan,” tekan Arie Je-Froyonion.

Dalam pelaksaan sebuah acara tentunya akan kurang lengkap jika panitia tidak mendapatkan dukungan dari pihak manapun. Ketua pelaksana Seminar Nasional Ilmu Komunikasi menegaskan bahwa Seminar Nasional Ilmu Komunikasi 2019 mendapat cukup banyak dukungan dalam perancangan hingga penyelenggaraannya.

“Seminar Nasional ini mendapat dukungan dari berbagai pihak. Mulai dari fakultas, jurusan, mahasiswa hingga masyarakat,”  ujar Puput Febrianti.

 

Dinda Agita Dewi

Litbang Himakom FIS UNY

 

Torehkan Gagasanmu di Lomba Esai Intermeso

Yogyakarta, 25 Oktober 2019-Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (Himakom FIS UNY) telah melaksanakan presentasi final Lomba Esai Intermeso 2019. Lomba Esai Intermeso 2019 merupakan lomba esai yang pertama kali diadakan oleh Himakom UNY. Lomba Esai Intermeso 2019 bertujuan untuk memberikan tempat dalam menyampaikan gagasan mengenai tema terkait melalui tulisan. Pada tahun pertama Intermeso diadakan lomba ini dikhususkan untuk mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta.

Lomba Esai Intermeso 2019 diselenggarakan di Ruang Seminar Proposal I, Gedung PKM FIS Lantai 3. Presentasi final Lomba Esai Intermeso 2019 dihadiri oleh Mas’ud Hamdani Bin Rohmad, Novia Agri Kusumaningrum, Nurul Asfiani, Tryas Chusnul Fatimah, dan Henik Tri Rahayu selaku finalis Lomba Esai Intermeso 2019. Dalam presentasi final Lomba Esai Intermeso 2019 terdapat dua juri yang akan menilai presentasi peserta yaitu Gilang Jiwana Adikara selaku Dosen Ilmu Kominikasi, Wartawan Harian Jogja, Penulis di Mojok.co, dan Hardian Wahyu Widianto S.Sos., MPA. selaku Dosen Ilmu Administrasi Publik, Enumerator Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM, Event Staff Komisi Pemberantasan Korupsi.


Presentasi final Lomba Esai Intermeso 2019 diawali dengan sambutan dari ketua pelaksana Lomba Esai Intermeso 2019, Annisa Putri dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Muhamad Nur Rokhman, M. Pd. Setelah serangkaian sambutan, acara dilanjutkan dengan presentasi dari Finalis Lomba Esai Intermeso 2019. Antusias para finalis cukup tinggi terlihat dari betapa bersemangatnya mereka dalam mempresentasikan naskah esai yang mereka buat kepada juri. Tidak semua karya yang dikirim di Lomba Esai Intermeso 2019 akan lolos ke final presentasi. Finalis Lomba Esai Intermeso 2019 dapat dikatakan telah mengalahkan para pesaingnya di tahap seleksi naskah esai. Tahap seleksi naskah esai yaitu naskah esai yang dikirim dinilai oleh juri dengan kriteria penilaian yang ditentukan oleh panitia. Peserta yang mendapat nilai tertinggi akan lolos ke tahap presentasi final.

Setelah peserta melewati presentasi yang mendebarkan di depan juri. Maka didapatkan tiga juara di Lomba Esai Intermeso 2019. Nurul Asfiani sebagai juara I, Henik Tri Rahayu sebagai juara II serta Tryas Chusnul Fatimah sebagai juara III. Ketiga juara mendapatkan uang pembinaan dari penyelenggara. Serta seluruh finalis mendapatkan sertifikat sebagai apresiasi atas kontribusinya.


Peserta Lomba Esai Intermeso 2019 memberikan apresiasi terhadap lomba esai yang telah diselenggarakan oleh Himakom FIS UNY. “Semoga acara ini tetap berlanjut, tidak hanya tingkat FIS saja kemudian ke UNY, ke daerah, bahkan hingga tingkat nasional,” ucap Mas’ud Hamdani Bin Rohmad kala diminta memberikan pesan dan kesan terhadap Lomba Esai Intermeso 2019. “Tetap semangat, semoga lombanya bisa dikembangkan lagi, semoga cakupan pesertanya semakin banyak, sampai jumpa tahun depan,” lanjut Nurul Asfiani menambahkan.

Dinda Agita Dewi
Himakom FIS UNY

THROWBACK YUUKKK DI SECANKIR #3


Senin, 21 Oktober 2019 Himakom UNY sukses membawakan Secankir #3 yang bertemakan “Trowback” yang bertempat di Parkiran PKM FIS UNY. Lagu – lagu nostalgia menambah kehangatan Secankir malam itu.

Yogyakarta, 22 Oktober 2019- Panitia Secankir #3 telah berhasil melaksanakan serangkaian acara live musik untuk seluruh warga Ilmu Komunikasi UNY dengan tema “Trowback”. Maksud dari tema ini adalah ingin membawa teman – teman Ilmu Komunikasi untuk bernostalgia ke masa – masa remaja dengan lagu – lagu yang nge hits di zamannya. Mengingat kejadian – kejadian unik dibalik sebuah lagu, karena sesungguhnya masa lalu itu hadir untuk dapat dikenang bukan semerta – merta untuk dilupakan. Secankir secara umum ditujukan untuk seluruh warga Ilmu Komunikasi. Acara ini juga secara tidak langsung akan mengakrabkan rasa kekeluargaan antar angkatan Ilmu Komunikasi. Secankir kali ini dihadiri oleh sebagian mahasiswa Ilmu Komunikasi dari angkatan 2016, 2017, 2018, dan 2019.

Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Pelaksana Secankir, yaitu Bonavhisna yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada teman – teman yang telah hadir dalam acara Secankir dan tidak lupa mengajak untuk bersenang – senang bernostalgia ke zaman remaja. Acara dilanjutkan dengan penampilan dari kelima penampil yang sudah siap untuk tampil di malam live musik Secankir #3. para penampil ini berasal dari angkatan 2017, 2018, dan tentunya keluarga baru kita angkatan 2019. Pertama, yaitu dari Roi angkatan 2017 yang membawakan tiga buah lagu dan berhasil membawa para penonton untuk kembali ke tahun 90’an. Suasana malam itu terasa begitu syahdu dan tenang. Penampilan selanjutnya dari Sheila On Seven yang tentunya membawakan lagu – lagu karya Sheila yang hits di zaman 90’an. Secara keseluruhan, semua penampil dapat menyanyikan lagunya dengan baik dan mampu membawa seluruh peserta Secankir untuk kembali mengenang masa – masa indah dibalik lagu – lagu yang dibawakan.

Secankir malam itu tidak hanya menjadi wadah untuk mengasah kemampuan bernyanyi, namun juga menjadi wadah untuk keuntungan ekonomi. Ada stand makanan yang merupakan dana usaha untuk event – event Ilmu Komunikasi. Terdapat dua stand makanan yang menjual jajanan seperti roti bakar dan sempol. Semua peserta acara dapat menikmati acara hingga acara selesai. Secankir #3 mendapatkan apresiasi dari peserta “Secankir kali ini asyik, cukup seru dengan lagu lagu yang dibawakan. Nostalgia ke masa – masa yang lalu. Akan tetapi semoga Secankir selanjutnya tema dapat lebih ditegaskan agar penampil dapat membawakan lagu yang sesuai dengan tema”. Ujar Bagas mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2018.

Penulis: Afifah

SUPLEMEN #2 HIMAKOM UNY: MABAR OM!

Sabtu 19 Oktober 2019 yang bertempat di Pantai Pandansari Bantul. Pengurus Himakom dan BSO (Badan Semi Otonom) FIS UNY telah menyelesaikan kegiatan Suplemen yang kedua untuk kepengurusan Himakom dan BSO 2019

Bantul, 19 Oktober 2019- Pengurus Himakom dan BSO FIS UNY telah mengadakan acara Suplemen#2 yang bertempat di Pantai Pandansari Bantul. Acara Suplemen#2 kali ini bertajuk “MaBar Om” atau “Main Bareng Himakom 2019”. Acara yang dimulai pada pukul 09.00 dan selesai pada pukul 14.30 tersebut dihadiri kurang lebih 39 pengurus Himakom dan BSO 2019.
Serangkaian acara Suplemen#2 dimulai dengan sambutan dari ketua pelaksana dan ketua Himakom 2019, kemudian dilanjutkan dengan beberapa games yang meningkatkan kerjasama antar divisi serta miningkatkan kekompakan masing – masing divisi Himakom dan BSO 2019. Setelah itu dilanjutkan dengan ishoma dan sesi ngobrol santai antar pengurus. Kemudian setiap divisi berselfie ria bersama dan diakhiri dengan awarding divisi terkompak dan foto divisi terbaik.

Tujuan diadakannya Suplemen#2 ini adalah meningkatkan semangat dan motivasi pengurus Himakom dan BSO 2019 setelah 3 proker besar yang telah dilaksanakan. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk menjadi sarana untuk meningkatkan kekompakan dan kasih sayang pengurus Himakom dan BSO 2019. Harapannya, setelah diadakannya acara Suplemen#2 ini bisa meningkatkan semangat dan motivasi pengurus Himakom dan BSO 2019 di akhir masa kepengurusan Himakom dan BSO 2019. “Harapan saya suplemen dua bisa menjadi sarana pelepas lelah para pengurus himakom 2019 dan bso dan juga menjadi penambah semangat di akhir periode kepengurusan” ujar Bagas Tegar, selaku ketua Suplemen #2 Himakom.

Penulis: Bagas Tegar

 

HIMANIKA FEST 2019 “ESCOMM JUARA!”

Jumat, 18 Oktober 2019 Tim Escomm menghadiri acara penyerahan hadiah hasil dari peraihan juara ke – 3 dalam acara HUT HIMANIKA FT UNY (Himanika Fest 2019) cabang lomba ML (Mobile Legend) yang berlangsung dari tanggal 30 September sampai 5 Oktober di Gedung PKM lt.3 FT UNY.

Yogyakarta, 19 Oktober 2019Tim e-sport Ilmu Komunikasi mengikuti turnament ML (Mobile Legend) dalam rangkaian acara Himanika Fest 2019. Himanika Fest 2019 merupakan rangkaian acara untuk memperingati HUT Himanika FT UNY. Ada berbagai macam lomba untuk memperingati HUT Himanika tahun ini, salah satunya adalah turnament e-sport ML (Mobile Legend) yang diikuti oleh beberapa tim yang berasal dari berbagai jurusan di UNY. Turnamet dilaksanakan mulai tanggal 30 September 2019 sampai dengan 5 Oktober 2019 bertempat di gedung PKM lt.3 FT UNY. Pada kesempatan kali ini Ilmu Komunikasi UNY mengirimkan 2 kontingen untuk mengikuti turnament ML Himanika Fest 2019. Tim pertama diberi nama tim Escomm Uwu yang beranggotakan Diovani Sulhan, Fulvian Rafialdo, Endras Bagas, Gany Wicaksono, Khaisar Melga, dan Fahry Adhimas. Tim kedua diberi nama tim Sripah yang beranggotakan Panji Dwi Nugroho, Nandana Setya, Muhammad Rizky, Bayu Puspawan, dan M Rikza Afriansyah. Kedua tim berasal dari angkatan 2018 dan angkatan 2017.

Turnamnent ML diawali dengan match pertama antara tim Escomm Uwu melawan tim tim Juri dan unggul hingga berhasil masuk ke babak perebutan juara tiga melawan tim Pisang Ijo. Sedangkan satu lagi tim dari Ilkom, yaitu tim Seripah hanya berhasil masuk sampai babak semi final saja. Dengan kecerdikan dan kerja keras tim Escomm Uwu berhasil memperoleh juara 3 dalam turnament (ML) Mobile Legend Himanika Fest 2019 dan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp200.000 dan sertifikat. Malam penghargaan dilaksanakan pada hari Jumat, 19 Oktober 2019 bertempat di Taman Pancasila. Malam penghargaan diisi dengan berbagai macam hiburan dan pembagian hadiah untuk pemenang lomba dalam acara Himanika Fest 2019. Hasil kemenangan ini mendapat kesan baik dari tim pemenang seperti yang diutarakan oleh salah seorang anggota tim kepada kami “Turnament kali ini sangat seru. Senang sekali bisa berkesempatan menjadi juara, mengingat lawan mainnya juga berat dan tidak kalah hebat juga. Semoga tahun depan bisa menjadi lebih baik lagi” ujar Aldo salah satu anggota tim Escomm Uwu Ilmu Komunikasi UNY.

Penulis: Afifah 

“Sowan Komunikasi” Himakom FIS UNY ke Himakom FISIP Unsoed

Rabu, 16 Oktober 2019, Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM) FIS UNY melakukan kunjungan Eksternal ke Himakom Universitas Jenderal Soedirman yang berlokasi di Purwokerto. Sowan Komunikasi ini diikuti oleh 47 peserta dari Himakom UNY. Kunjungan ini berjalan lancar dan aman.

Yogyakarta, 17 Oktober 2019- Kunjungan Himakom UNY ke Himakom Unsoed yang diadakan pada hari Rabu, 16 aoktober 2019 bertujuan untuk mewadahi pengurus HIMAKOM UNY dalam mengetahui segala kegiatan dan fasilitas yang mendukung kegiatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi baik dalam bidang akademik maupun non-akademik serta menjalin, membangun dan merawat hubungan baik antar kedua belah pihak ini diharapkan mampu untuk mewadahi pengurus HIMAKOM UNY dalam menambah lebih jauh pengetahuan dan pengelolaan organisasi mahasiswa serta mendukung setiap individu untuk menjalin relasi sebanyak-banyaknya.

Continue reading ““Sowan Komunikasi” Himakom FIS UNY ke Himakom FISIP Unsoed”

HIMAKOM BERGELORA TROFEO CUP 2019

Trofeo Cup 2019 yang merupakan ajang turnamen antar angkatan Ilmu Komunikasi terlah sukses dilaksanakan pada hari Sabtu. 12 Oktober 2019 bertempat di Telaga 3 Futsal Condongcatur. Trofeo Cup berlangsung dengan lancar dan sportif.

Yogyakarta, 12 Oktober 2019Panitia Trofeo Cup 2019telah berhasil melaksanakan serangkaian acara turnament futsal antar angkatan dengan tema “Himakom Bergelora”. Maksud dari tema ini adalah semangat bergelora dari teman teman Ilmu Komunikasi UNY yang diimplementasikan melalui sikap sportif dan kompetitif pada saat bertanding futsal. Trofeo Cup kali ini semakin ramai dengan hadirnya keluarga baru Ilmu Komunikasi 2019 yang hadir dengan semangat baru. Terdapat empat tim futsal yang merupakan delegasi dari tiap angkatan 2016, 2017, 2018, dan 2019. Trofeo Cup kali ini cukup ramai dengan jumlah partisipan lebih dari 50 mahasiswa. Trofeo Cup bertujuan untuk mewadahi minat dan bakat teman – teman Ilmu Komunikasi UNY dalam bidang olahraga futsal serta secara tidak langsung mampu mempererat silaturahmi antar angkatan Ilmu Komunikasi UNY.

Continue reading “HIMAKOM BERGELORA TROFEO CUP 2019”

Focus Group Discussion #2 “Latah, Serakah Sesakkan Ruang Kreativitas”

 

Rabu, 9 Oktober 2019 Divisi Penelitian dan Pengembangan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2019 telah melaksanakan Focus Group Discussion yang kedua dalam periode ini. FGD dilaksanakan di parkiran Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY dari berbagai angkatan dengan Novianto Yudha Laksana selaku salah satu dosen Ilmu Komunikasi sebagai pemantik.

Yogyakarta, 10 Oktober 2019 – Dewasa ini situs berbagi video seperti Youtube semakin menjadi perbincangan publik. Hal yang menjadi perbincangan publik yaitu mengenai konten dan juga dalang di balik konten yang disajikan. Video yang menjadi trending di Youtube terkadang berpengaruh pada publik yang menyaksikannya. Sering kali para youtuber dikambing hitamkan atas konten yang diunggahnya tersebut. Maka dari itu, Divisi Penelitian dan Pengembangan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himakom) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar diskusi atau yang biasa disebut Focus Group Discussion (FGD) yang kedua pada Rabu, 9 Oktober 2019 dengan tema “Latah, Serakah Sesakkan Ruang Kreativitas”. Tema yang diangkat dalam FGD tersebut membahas mengenai nasib youtuber akibat dari pembuatan konten yang hanya mengikuti trend tanpa memperhatikan kualitas isi konten yang dibuat. Apakah karena dengan mengikuti trend saja akan memengaruhi kekreativitasan mereka dalam berkarya ataukah tidak. Perlu diketahui juga bahwa tema yang diangkat dalam FGD ini akan menjadi sebuah isu untuk menyambut tema Semnas November nanti.

Continue reading “Focus Group Discussion #2 “Latah, Serakah Sesakkan Ruang Kreativitas””