PENDAMPINGAN MAHASISWA BARU ILMU KOMUNIKASI 2020

Yogyakarta, 7 September 2020 – Divisi Advokasi dan Pelayanan Publik Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi telah melaksanakan Pendampingan Mahasiswa Baru 2020 secara daring.

            Pendampingan mahasiswa baru tahun ini dilaksanakan secara daring. Pendampingan ini diawali dengan pencarian mahasiswa melalui berbagai jejaring media sosial. Setelah itu mahasiswa dimasukkan ke grup besar WhatsApp agar lebih memudahkan panitia dalam mengarahkan proses registrasi dan juga menyampaikan informasi-informasi penting. Grup besar mahasiswa baru Ilmu Komunikasi ini dibagi menjadi tiga sesuai dengan jalur masuk yaitu SNMPTN, SBMPTN dan SM. Program kerja Divisi APP yang berkolaborasi dengan divisi PSDM Himakom ini berjalan dengan lancar.

9

Selain pendampingan registrasi, kami juga mengadakan pendampingan Kartu Rencana Studi (KRS) melalui Google Meet. Dalam pendampingan ini, Divisi APP Himakom mengadakan tiga gelombang yaitu untuk maba SNMPTN pada tanggal 27 Juli 2020, SBMPTN pada tanggal 12 Agustus 2020 dan SM pada tanggal 31 Agustus dan 6 September 2020. Pendampingan ini bertujuan agar para mahasiswa baru mengetahui jadwal perkuliahan yang akan dilaksanakan pada awal semester gasal 2020. Dalam mengawali pertemuan perdana kali ini, masing-masing mahasiswa baru diarahkan untuk memperkenalan diri. Kemudian disusul sambutan dari Ketua Himakom yaitu Diovani Zulhan Zurkarnain dan sambutan dari panitia PKKMB Jurusan yaitu Ilham Hilal Ramadhan. Dalam forum ini, kami juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa baru untuk bertanya mengenai perkuliahan dan diskusi terkait motivasi mereka untuk masuk Ilmu Komunikasi UNY. Para mahasiswa baru sangat antusias dalam mengikuti temu perdana meskipun dilaksanakan secara daring.

Acara selanjutnya bagi mahasiswa baru adalah Pusat Informasi Mahasiswa (PIM). Devisi APP Himakom setiap tahunya mengadakan PIM yang bekerjasama dengan divisi APP BEM Fakultas Ilmu Sosial. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa baru mengetahui apa saja organisasi mahasiswa dan UKM yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan meningkatkan minat mahasiswa baru untuk bergabung dalam ormawa dan UKM fakultas yang ada. Pada tahun-tahun sebelumnya, PIM diadakan secara langsung di area kampus. Namun, karena adanya kondisi pandemi Covid-19, agenda PIM pada tahun ini dilaksanakan secara daring. Kegiatan PIM daring ini memanfaatkan media Google Meet. Kegiatan PIM ini dilaksanakan sebanyak dua kali yakni pada tanggal 18 Agustus 2020 untuk maba jalur SNMPTN dan tanggal 7 September bagi maba jalur SBMPTN-SM. Minat mahasiswa baru Ilmu Komunikasi cukup tinggi dilihat dari antusias mereka dalam mengajukan pertanyaan ketika sesi tanya jawab.

Penulis : Nadhila Nur Komalasari
Editor   : Savira Indah Rahmadanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *