Persiapan MAKRAB Ilmu Komunikasi UNY 2020 di Tengah Pandemi Covid-19

Open Recruitment Panitia MAKRAB  tahun 2020 dilaksanakan pada bulan Mei 2020 melalui 2 tahap. Dimana pada tahap pertama dilaksanakan kegiatan pengisian formulir daring pada tanggal 9-11 Mei 2020. Kemudian pada tahap kedua dilaksanakan sesi wawancara daring pada tanggal  12-13 Mei 2020. Pendaftar oprec MAKRAB ini adalah mahasiswa aktif Ilmu Komunikasi UNY terutama angkatan 2018 dan 2019 dengan jumlah 39 peserta. Kegiatan open recruitment dilaksanakan secara daring, formulir disediakan menggunakan google form dan pada sesi wawancara kami menggunakan medium Google Meet.

Alur pendaftaran yang dilaksanakan adalah pada saat setelah mahasiswa melakukan pendaftaran melalui formulir yang telah sediakan, kami selaku panitia langsung mengumpulkan pendaftar dengan  membuat grup di Whatsapp. Setelah itu, kami memberikan arahan terkait sistematika dan mekanisme wawancara, kami juga memberikan list jadwal wawancara, dimana list tersebut diisi sendiri oleh pendaftar  kemudian kami sesuaikan dengan sesi wawancara yang telah dibuat. Setelah list dibuat, tepat pada pukul 12.07 WIB dilakukan wawancara hari pertama dengan peserta secara bergantian sesuai urutan dalam list. Pengumuman hasil open recruitment panitia MAKRAB sendiri akan diumumkan pada tanggal 14 Mei 2020 melalui Google Drive yang akan diunggah di akun Instagram HIMAKOM.

Kami melaksanakan rekruitmen secara daring sesuai anjuran pemerintah dan pihak kampus mengenai kuliah daring untuk mengurangi dampak Covid-19 agar tidak semakin meluas. Mengingat kegiatan makrab dilaksanakan setelah PKKMB, maka open recruitment MAKRAB dilaksanakan berdekatan dengan open recruitment PKKMB supaya dapat memaksimalkan persiapan dan diskusi panitia karena kegiatan MAKRAB yang akan dilakukan diluar kampus membutuhkan persiapan yang matang dari panitia MAKRAB itu sendiri.

 

Penulis : Lintang

Editor : Daffa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *