Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Menghadiri Rakercab IMIKI Yogyakarta

 

Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan rapat kerja cabang pada Sabtu, 5 Desember 2020. Rapat kerja yang diadakan pada pukul 10.00 WIB ini dilakukan dengan 2 cara, yaitu online dan offline. Raker online berjalan melalui Zoom dengan diikuti oleh pengurus IMIKI DIY yang berada diluar Yogyakarta, serta raker offline yang mengambil tempat di Studio Mini Teater Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan diikuti oleh seluruh ketua HMJ ilmu Komunikasi se-Yogyakarta, pengurus IMIKI yang berada di Yogyakarta serta satu delegasi dari masing-masing HMJ Ilmu Komunikasi.

 

Raker pada kesempatan hari ini berisi beberapa agenda, diantaranya rapat kerja IMIKI DIY periode 2020/2021, serta pelantikan pengurus IMIKI DIY periode 2020/2021. Terhitung ada 35 anggota pengurus dari 15 HMJ Ilmu Komunikasi se-Yogyakarta yang dilantik pada acara tersebut. Nina Uswatun Hasanah selaku ketua umum IMIKI DIY 2020/2021 memaparkan pada seluruh peserta raker bahwa ia akan mengusung nama Adhigana sebagai nama kabinet yang akan ia pimpin selama kurang lebih 1,5 tahun ini. Nina juga memaparkan ada satu visi serta tiga misi yang menjadi dasar IMIKI periode ini untuk menjalankan program-programnya. Tidak berhenti disitu, pada rapat kerja tersebut menjadi ajang untuk memperkenalkan pengurus baru IMIKI DIY pada ketua HMJ Ilmu Komunikasi se-Yogyakarta secara khusus serta peserta rapat kerja secara umum. Perkenalan ini dibarengi dengan penjelasan mengenai jabatan yang diemban selama berjalannya periode kedepan.

Secara lebih lanjut, dijelaskan jika pada periode kali ini Nina akan dibantu dengan seorang sekretaris dan seorang bendahara yang berada pada jajaran pengurus inti. Sekretaris IMIKI DIY pada tahun ini ialah Ridwan Atras Shani dari Universitas Negeri Yogyakarta. Ridwan dalam sesi perkenalannya memaparkan salah satu tugas utamanya adalah mengatur serta melakukan pengecekan pada sistem administrasi. Enji Larasati Mokodomit dari Universitas Ahmad Dahlan pada periode ini berkesempatan untuk diamanahi menjadi bendahara IMIKI DIY. Enji memaparkan tugas utamanya berhubungan dengan pengelolaan keuangan, seperti kas anggota dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, lebih lanjut Nina memaparkan bahwa pada periode kali ini juga akan dibersamai dengan 5 devisi unggulannya. Kelima devisi tersebut adalah Devisi Organisasi, Devisi Kominfo, Devisi Minat Bakat, Devisi Kewirausahaan serta Devisi Litbang. Kelima devisi yang diusung ini memiliki program kerja masing-masing yang akan dilakukan pada periode 2020/2021. Devisi Organisasi yang dikepalai oleh Abidatu memaparkan ada setidaknya lima program yang akan dilaksanakan oleh devisinya. Lebih lanjut Abidatu memaparkan jika program kerja devisinya ini berfokus pada internal IMIKI DIY. Devisi Kominfo yang dikepalai oleh Andika juga memaparkan program kerja yang diembannya, dengan membawahi kegiatan kehumasan IMIKI DIY termasuk mengolah konten-konten pada media sosial IMIKI DIY.

Devisi Minat bakat menjadi Devisi selanjutnya yang memaparkan program kerjanya. Devisi Minat Bakat memaparkan program-program yang memfasilitasi minat dan bakat mahasiswa ilmu komunikasi Yogyakarta. Tercatat ada 2 program yang akan dibawa pada periode ini, yaitu webinar serta temu karya. Temu karya menjadi satu agenda menarik dari devisi ini. Dimana temu karya menjadi arena mahasiswa ilmu komunikasi Yogyakarta untuk melakukan sharing mengenai karya dibidang keilmukomunikasian. Devisi Minat bakat yang selanjutnya di singkat Miba mengumumkan jika acara piala komunikasi yang rutin diadakan 1 tahun sekali, pada periode ini ditiadakan dengan alasan pandemi yang belum memungkinkan.


Devisi Kewirausahaan yang dikepalai oleh Ika memaparkan program kerjaanya yang terfokus pada kegiatan pemasukan dana IMIKI DIY. Program kerja yang diusung pada periode ini terfokus tehadap penjualan produk-produk merchandise. Namun karena adanya pandemi, penjualan akan dilakukan melalui media sosial dengan sistem open pre-order. Litbang menjadi devisi terakhir yang memaparkan program kerjanya. Devisi Litbang mengacu pada acara sharing serta diskusi mengenai suatu masalah diranah komunikasi. Litbang mengagendakan sharing dan diskusi ini dilakukan rutin setiap bulannya pada tanggal 28 atau 29.

Pemaparan program kerja dilanjutkan dengan sesi diskusi yang diikuti oleh seluruh peserta rapat kerja. Seluruh program yang diajukan oleh IMIKI DIY periode 2020/2021 disetujui oleh seluruh peserta rapat, terkhusus oleh ketua HMJ ilmu komunikasi Yogyakarta sebagai perwakilan jurusan ilmu komunikasi dimasing-masing universitas. Rapat kerja ditutup dengan harapan dan doa dari ketua, pengurus serta anggota rapat kerja untuk IMIKI DIY bisa mengemban tugas dengan baik. Pengurus IMIKI juga meminta dukungan dari seluruh HMJ ilmu komunikasi se-Yogyakarta untuk pelaksanaan program kerja yang telah disahkan.

 

Penulis : Mas’ud Hamdani

Editor : Savira Indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *