Produksi Podcast

Podcast merupakan new media yang sedang menjadi tren pada penggunaan radio khususnya. Metode ini semakin sering digunakan dengan semakin meluasnya cakupan internet, walau di Indonesia hal tersebut belum menjadi sebuah tren, tetapi tidak bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi. Mahasiswa Ilmu Komunikasi dituntut untuk terbuka akan segala bentuk inovasi terutama yang kaitannya terhadap teknologi komunikasi atau new media.

Badan Semi Otonom atau BSO Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta secara konsisten akan mewadahi keinginan mahasiswa khususnya dalam lingkungan ilmu komunikasi UNY untuk dapat mewadahi tuntutan tersebut. Pada kegiatan ini mahasiwa yang hadir dibimbing untuk bagaimana cara memproduksi sebuah podcast mulai dari persiapan hingga siap untuk didengarkan oleh pendengar.

Produksi podcast sudah berjalan dua kali pertemuan dan mendapatkan respon yang baik dari mahasiswa ilmu komunikasi dan pendengar yang dibuktikan dengan naiknya grafik pendengar dan animo pengisi podcast tersebut. Untuk podcast tersebut dapat didengarkan setiap hari rabu mulai pukul 19.00 s.d 21.00, yang dimana tema setiap minggunya akan selalu berbeda. Hal ini dimaksudkan untuk merespon isu isu terkeni yang tengah santer dibicarakan mahasiwa. Lalu untuk tema minggu depan akan berbicara perihal “trending”.

Tempat yang kami gunakan untuk memproduksi podcast adalah laboratorium audio visual Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta. UNY merespon betul kebutuhan mahasiswa dengan pro aktif dan tidak menyulitkan sama sekali dalam proses penggunaan ruangan. Harapannya ruangan tersebut dapat terus menjadi pusat kegiatan mahasiwa dan semoga dapat ditingkatkan fasilitas yang sudah ada.

BSO sendiri memiliki empat bidang didalamnya, yaitu Public Relations, Jurnalistik, Broadcasting, dan Advertising. Untuk kegiatan tersebut diatas merupakan kegiatan yang dimotori oleh bidang broadcasting. BSO memili misi sebagai wadah pengembangan minat yang sesuai dengan peminatan dalam kajian Ilmu Komunikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *