[[Review Film]] 5 cm, keteguhan hati dan impian dari sebuah persahabatan

Film 5 cm adalah sebuah film yang diadaptasi dari Novel 5 cm karya Donny Dirgantoro. Film ini disutradarai oleh Rizal Mantovani dan dirilis pada 12 Desember 2012. Pemeran dalam film ini adalah Fedi Nuril sebagai Genta, Denny Sumargo sebagai Arial, Herjunot Ali sebagai Zafran, Raline Shah sebagai Riani, Igor Saykoji sebagai Ian dan Pevita Pearce sebagai Arinda.

Menceritakan tentang lima orang sahabat yang telah menjalin 10 tahun persahabatanya. Lima orang tersebut adalah Genta, Arial, Zafran, Riani dan Ian. Mereka berlima memiliki karakter yang berbeda satu sama lainnya. Pada suatu saat mereka berlima merasa bosan dengan persahabatan mereka yang terkesan monoton dan akhirnya satu dari sahabatnya yaitu Genta memutuskan untuk berpisah sementara waktu, tidak saling berkomunikasi satu sama lain selama 3  bulan.

Selama tiga bulan tidak bertemu, banyak hal yang terjadi dalam kehidupan mereka. Ian berfokus terhadap kuliahnya. Riani bekerja sebagai reporter, Arial yang terkenal kaku terhadap wanita berhasil mendekati seorang wanita, Genta berhasil dengan usahanya. Dan Zafran selama tiga bulan ini sangat intens pedekate dengan Dinda (adiknya Arial).

Setelah tiga bulan berselang mereka berlima pun kumpul kembali. Untuk merayakan pertemuan setelah tiga bulan tidak bertemu, mereka merayakan dengan mendaki Gunung Semeru, puncak tertinggi di Jawa. Sebuah perjalanan penuh tantangan demi mengibarkan Sang Saka Merah Putih pada tanggal 17 Agustus. Disini keindahan alam yang ada di Gunung Semeru tergambarkan amat sangat bagus dan dapat memberikan kesan bahwa alam di Indonesia patut dibanggakan.

Rizal Mantovani selaku sutradara film 5 cm patut diberikan apresiasi lantaran berhasil mengarahkan para pemainnya dengan maksimal. Secara keseluruhan film 5 cm sangatlah layak untuk ditonton karena banyak terdapat pesan positif yang ada didalamnya seperti menghargai sebuah persahabatan dan keteguhan hati untuk menggapai sebuah impian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *