Tetap Berkarya Selama Pandemi, Himakom 2020 Mengadakan Challenge “Di Rumah Aja”

Challenge Produktif Di Rumah Aja, menjadi suatu ajang mahasiswa ilmu komunikasi untuk produktif dikala pandemi Covid’19. Diharapkan dengan adanya challenge ini bisa menjadi wadah mahasiswa ilmu komunikasi untuk berkarya, serta kami harap dengan mengambil tema besar “Penanggulangan Covid’19” pada setiap bidangnya bisa membantu pemerintah untuk mengedukasi masyarakat melalui postingan yang diunggah peserta Challenge. Harapan kami juga amat besar terhadap Challenge Produktif Di Rumah Aja sebagai bentuk kegiatan memamerkan karya mahasiswa ilmu komunikasi di sosial media.

Kegiatan yang dimulai dari tanggal 23 April 2020 hingga berakrir pada 11 Mei 2020 ini, memiliki sistem lomba yang cukup sederhana, dengan peserta hanya perlu mengunggah karya mereka sesuai dengan persyaratan yang disiapkan panitia melalui platfrom Instagram masing-masing, maka secara otomatis akan dinyatakan sebagai peserta Challenge. Instagram kami pilih karena cocok untuk memfasilitasi Challenge Produktif Di Rumah Aja yang memiliki output karya berupa visual dan atau audio.

Challenge yang di ikuti oleh 23 peserta menghasikan 38 karya ini, mengangkat 3 macam cabang lomba, yaitu Fotografi Jurnalistik (Bidang Jurnalistik), Poster dan Infografis (Advertising) dan Video Campaign (Public Relation), dimana pada masing-masing lomba akan diambil satu yang terbaik dan mendapatkan hadiah uang tunai yang akan di kirim dalam bentuk Pulsa, Saldo OVO, Saldo Link Aja dan lain sebagainya.

Dari salah satu pendapat yang dihimpun dari pemenang bidang video campaign yaitu Fahry Adimas, mengungkapkan perasaannya dapat berpartisispasi dan menjadi salah satu karya terbaik dalam challenge Dirumah Aja yang digagas oleh Humas Eksternal Himakom UNY.
“Saya sangat senang mengikuti challenge ini, karena bisa menumbuhkan bakat-bakat ilkom menjadi sarana mengekspresikan karya” Ungkap Fahri dalam salah satu sesi wawancara yang dilakukan setelah acara berlangsung.Dalam wawancara pun Fahry mengungkapkan harapannya untuk acara ini bisa diadakan kembali dilain waktu.”semoga kegiatan2 ini tetap ada karena bagus” tambahnya.

Harapan yang terlontar ini selanjutnya bisa menjadi acuan untuk melakukan challenge yang sama, namun dengan tema yang berbeda dikemudian hari. Besar harapan untuk dapat melaksanakan program ini kembali dengan hasil yang lebih baik.

Penulis : Mas’ud Hamdani
Editor : Daffa Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *