Torehkan Gagasanmu di Lomba Esai Intermeso

Yogyakarta, 25 Oktober 2019-Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (Himakom FIS UNY) telah melaksanakan presentasi final Lomba Esai Intermeso 2019. Lomba Esai Intermeso 2019 merupakan lomba esai yang pertama kali diadakan oleh Himakom UNY. Lomba Esai Intermeso 2019 bertujuan untuk memberikan tempat dalam menyampaikan gagasan mengenai tema terkait melalui tulisan. Pada tahun pertama Intermeso diadakan lomba ini dikhususkan untuk mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta.

Lomba Esai Intermeso 2019 diselenggarakan di Ruang Seminar Proposal I, Gedung PKM FIS Lantai 3. Presentasi final Lomba Esai Intermeso 2019 dihadiri oleh Mas’ud Hamdani Bin Rohmad, Novia Agri Kusumaningrum, Nurul Asfiani, Tryas Chusnul Fatimah, dan Henik Tri Rahayu selaku finalis Lomba Esai Intermeso 2019. Dalam presentasi final Lomba Esai Intermeso 2019 terdapat dua juri yang akan menilai presentasi peserta yaitu Gilang Jiwana Adikara selaku Dosen Ilmu Kominikasi, Wartawan Harian Jogja, Penulis di Mojok.co, dan Hardian Wahyu Widianto S.Sos., MPA. selaku Dosen Ilmu Administrasi Publik, Enumerator Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM, Event Staff Komisi Pemberantasan Korupsi.


Presentasi final Lomba Esai Intermeso 2019 diawali dengan sambutan dari ketua pelaksana Lomba Esai Intermeso 2019, Annisa Putri dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Muhamad Nur Rokhman, M. Pd. Setelah serangkaian sambutan, acara dilanjutkan dengan presentasi dari Finalis Lomba Esai Intermeso 2019. Antusias para finalis cukup tinggi terlihat dari betapa bersemangatnya mereka dalam mempresentasikan naskah esai yang mereka buat kepada juri. Tidak semua karya yang dikirim di Lomba Esai Intermeso 2019 akan lolos ke final presentasi. Finalis Lomba Esai Intermeso 2019 dapat dikatakan telah mengalahkan para pesaingnya di tahap seleksi naskah esai. Tahap seleksi naskah esai yaitu naskah esai yang dikirim dinilai oleh juri dengan kriteria penilaian yang ditentukan oleh panitia. Peserta yang mendapat nilai tertinggi akan lolos ke tahap presentasi final.

Setelah peserta melewati presentasi yang mendebarkan di depan juri. Maka didapatkan tiga juara di Lomba Esai Intermeso 2019. Nurul Asfiani sebagai juara I, Henik Tri Rahayu sebagai juara II serta Tryas Chusnul Fatimah sebagai juara III. Ketiga juara mendapatkan uang pembinaan dari penyelenggara. Serta seluruh finalis mendapatkan sertifikat sebagai apresiasi atas kontribusinya.


Peserta Lomba Esai Intermeso 2019 memberikan apresiasi terhadap lomba esai yang telah diselenggarakan oleh Himakom FIS UNY. “Semoga acara ini tetap berlanjut, tidak hanya tingkat FIS saja kemudian ke UNY, ke daerah, bahkan hingga tingkat nasional,” ucap Mas’ud Hamdani Bin Rohmad kala diminta memberikan pesan dan kesan terhadap Lomba Esai Intermeso 2019. “Tetap semangat, semoga lombanya bisa dikembangkan lagi, semoga cakupan pesertanya semakin banyak, sampai jumpa tahun depan,” lanjut Nurul Asfiani menambahkan.

Dinda Agita Dewi
Himakom FIS UNY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *