Bedah Proposal PKM Menuju PIMNAS

Litbang Himakom UNY telah sukses menyelenggarakan bedah proposal PKM menunu PIMNAS yang diselenggarakan di aula lantai 4 gedung Laboratorium Ilmu Sosial FIS UNY. Acara berlangsung pada tanggal 23 September 2019 dan dihadiri oleh 100 mahasiswa Ilmu Komunikasi. Acara ini memang dikhususkan untuk warga Ilmu Komunikasi guna menyongsong PIMNAS yang akan datang.

Senin, 23 September 2019- Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi telah menyelenggarakan bedah proposal Program Kreativitas Mahasiswa di Gedung Laboratorium Ilmu Sosial lantai 4 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. Program rutin tahunan ini dihadiri oleh lebih dari 100 mahasiswa Ilmu Komunikasi. Dalam kesempatan tersebut menghadirkan sekretaris juri PIMNAS ke-32 sekaligus dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Ibu Sukinah, M.Pd. Acara diawali dengan menyalakan semangat mahasiswa melalui penjabaran jalannya PIMNAS ke-32 di Bali yang diikuti lebih dari 1.000 mahasiswa se-Indonesia, yang meliputi sesi pembukaan PIMNAS, technical meeting juri dan peserta, suasana pameran poster, hingga penutupan.
Setelah itu, disampaikan pula pengantar mengenai PIMNAS secara umum. Kemudian disambung dengan paparan tujuan dan manfaat yang diperoleh dengan mengikuti program kreativitas mahasiswa, beberapa diantaranya seperti membentuk mahasiswa yang tahu aturan, kreatif inovatif, objektif, dan kooperatif. Dalam kesempatan tersebut juga dipaparkan langkah langkah untuk menyusun proposal PKM, kiat-kiat agar proposal didanai, hingga kiat-kiat agar memperoleh medali dalam PIMNAS.

Bu Sukinah menekankan bahwa ide bisa timbul bahkan dari hal hal yang dekat dengan kita maupun dari isu-isu terkini. ” Mahasiswa tidak hanya butuh IPK, melainkan juga membutuhkan managements skill, communication skill, academic knowlede, serta skill of thinking, dan PIMNAS merupakan salah satu cara untuk mengasah kemampuan tersebut,” ungkap Bu Sukinah untuk menggambarkan pentingnya mengikuti Program Kreativitas Mahasiwa.

Dalam acara tersebut juga menghadirkan finalis PIMNAS ke-32, yaitu Tara Belinda selaku mahasiswa Ilmu Komunikasi yang lolos PIMNAS 32 dan Roni Wijayanto mahasiswa Pendidikan Geografi sebagai peraih emas PIMNAS 32 di Bali beberapa waktu yang lalu. Dalam kesempatan tersebut, Roni Wijayanto menjelaskan tahapan tahapan PIMNAS serta kiat kiat agar lolos dan menyabet medali emas di PIMNAS. Sementara itu, Tara Belinda berbagi pengalaman dan suka duka selama menjalani PIMNAS. Tara menuturkan bahwa proses PIMNAS cukup melelahakan, perlu usaha dan kekompakan tim yang luar biasa, namun diluar itu lolos PIMNAS menjadi suatu kebangaan dan pengalaman yang luar biasa.

Secara keseluruhan, acara yang digelar guna menyongsong PIMNAS tersebut berjalan dengan lancar. Peserta antusias mendengarkan penjabaran dari setiap pembicara, peserta pun aktif melontarkan pertanyaan terkait materi yang disampaikan. Dengan berlangsungnya acara ini, diharapkan dapat membangkitan semangat mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk menapakkan jejaknya di PIMNAS ke-33 mendatang.

Penulis

Annisa Putri

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *