BERTAJUK “LAYAR KACA KOMUNIKASI” HIMAKOM SUKSESKAN ACARA MAKRAB ILMU KOMUNIKASI 2021

Malam Keakraban (MAKRAB) bagi mahasiswa baru jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta kembali diselenggarakan secara daring. Acara ini dihadiri oleh 177 mahasiswa baru dari 177 mahasiswa terdaftar. MAKRAB merupakan acara lanjutan dari PKKMB yang mengangkat satu tema besar yaitu dunia teknologi, MAKRAB kali ini mengusung tema Layar Kaca Komunikasi dengan tagline Make Your Shine In Our Scene!!! Tema ini dibuat untuk memberikan gambaran luas tentang dunia perfilman kepada mahasiswa baru dalam rangka persiapan menuju perkuliahan di jurusan Ilmu Komunikasi.

Rangkaian acara Layar Kaca Komunikasi ini diawali dengan adanya talkshow Himakom. Pada talkshow ini dihadiri oleh PHPI Himakom yang mana tiap segmen talkshow di hadiri oleh 2 devisi yang menjelaskan tiap program kerja yang ada di Himakom. Dilanjutkan dengan talkshow IMIKI Cabang DIY bersama Ridwan selaku narasumber, talkshow ini membahas seputar organisasi IMIKI dan jurusan Ilmu Komunikasi.

Tak lupa, pada acara ini juga terdapat talkshow alumni Ilmu Komunikasi UNY. Pada talkshow ini dihadiri oleh Aris dan Adam selaku alumni yang membagikan pengalaman dan pesan untuk ilkom fams dalam rangka persiapan menuju dunia perkuliahan.

Acara MAKRAB kali ini juga diselingi dengan hiburan musik dari band Lembarbiun yang membawakan 2 lagu. Selain hiburan musik juga terdapat sesi games yang membuat acara ini semakin seru. Terdapat 3 games yaitu games tebak poster, games tebak film, dan games tebak aktor. Ketiga games ini diadakan untuk membangun chemistry dan keakraban antarmahasiswa baru. Pada saat jeda games diselingi dengan penayangan karya maba sebagai bentuk apresisasi terhadap mahasiswa baru setelah melewati proses panjang di Layar Kaca Komunikasi.

 

Di penghujung acara, terdapat segmen Awarding MAKRAB dengan nominasi 3 terbaik dimulai dari, video parodi terbaik, video review film terbaik, serta twibbon dan cosplay terbaik. Selain sebagai bentuk apresiasi, Awarding MAKRAB juga diharapkan dapat meningkatkan semangat mahasiswa baru untuk berkarya.

 

Penulis            : Alkawarizmi Aulia Rahman

Editor              : Nadia Zulva Pratiwi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *