FOCUS GROUP DISCUSSION BRANDING DIRI DENGAN MEDIA SOSIAL, KENAPA TIDAK?


Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himakom) FIS UNY telah mengadakan Focus Group Discussion (FGD) secara daring melalui Google Meet. Topik diskusi yaitu personal branding melalui media sosial dengan judul, “Branding Diri Dengan Media Sosial, Kenapa Tidak?” Pembicara dalam acara ini yaitu Rullyana P. Mamengko S.Pd., M.M selaku Dosen Komunikasi Pemasaran dan Angelina Esa Kalingga selaku Senior Operation Executive Gushcloud Talent Agency. Acara tersebut dibersamai oleh Arif Hidayat, mahasiswa Ilmu Komunikasi 2018 selaku moderator FGD.
Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) merupakan salah satu program kerja Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Himakom. Tujuan dari FGD yaitu untuk meningkatkan daya nalar dan kepekaan terhadap fenomena sekitar yang berkaitan dengan topik keilmuan komunikasi. Acara berlangsung pada pukul 13.00 hingga pukul 14.35 WIB dengan diawali sambutan oleh pembina Himakom yaitu Gilang Jiwana Adikara, S.I.Kom., M.A. Kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh kedua pembicara. Di mulai dari pemahaman bagaimana personal branding di media sosial hingga pengalaman di dunia kerja terkait personal branding.
Acara FGD diikuti oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi dan terbuka untuk umum. Terdapat 82% peserta yang hadir dari jumlah peserta yang telah mendaftar. Antusiasme peserta FGD terlihat pada saat sesi tanya jawab berlangsung. Beberapa peserta mengajukan pertanyaan yang sebagian besar berdasarkan pengalaman pribadi, seperti bagaimana memilih media sosial yang sesuai dan bagaimana mengatasi ketidakpercayaan diri di media sosial.


Selain topik yang menarik dan pembicara yang asik, acara FGD kali ini juga terdapat hadiah bagi tiga orang peserta yang terpilih. Jadi, selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat, para peserta juga mendapatkan e-sertifikat, dan hadiah bagi yang beruntung. Diharapkan FGD menjadi acara yang manarik dan selalu dinantikan bagi rekan-rekan Ilmu Komunikasi maupun masyarakat umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *